Sistem Pencernaan pada Manusia- Gigi dan Struktur Gigi





Gigi adalah organ proses pencernaan yang terdapat di di dalam rongga mulut. Gigi juga alat pencernaan mekanik dikarenakan berguna untuk memotong, merobek, dan mengunyah makanan sebelum saat makanan berikut masuk ke bagian pencernaan selanjutnya. Gigi punyai susunan padat dan keras untuk menggerakkan fungsinya bersama dengan baik.

Gigi tersusun atas 3 bagian utama, yakni :

Mahkota Gigi (Puncak)
Mahkota gigi merupakan bagian yang nampak dari luar. Lapisan ini terlihat berwarna putih dikarenakan dilapisi oleh susunan yang disebut e mail gigi. Masing – masing tipe gigi punyai bentuk mahkota yang bervariasi.

Leher Gigi (Colum)
Leher atau colum gigi merupakan bagian yang sudah tertanam ke di dalam gusi. Bagian ini merupakan pembatas pada mahkota bersama dengan akar gigi.

Akar Gigi
Akar gigi merupakan bagian yang tertanam di di dalam rahang (lihat gambar) sehingga tidak nampak dari luar. Manusia punyai sebagian tipe gigi, tiap-tiap tipe gigi mampu punyai kuantitas akar yang berbeda, tersedia yang punyai 2 akar adapula yang punyai 3 akar.

1. Berdasarkan bentuk dan fungsinya, gigi manusia terdiri atas 4 macam yakni gigi seri, gigi taring, gigi premolar dan gigi molar.

2. Berdasarkan usia, gigi terbagi jadi 2 jenis, yakni : gigi susu dan gigi permanen.

Struktur Dan Bagian Mulut
Lidah

Lidah merupakan organ yang juga ke di dalam pancaindera dan juga sebagai organ yang menunjang proses pencernaan. Lidah berguna sebagai indera pengecapan yakni untuk beri tambahan rasa kepada tiap-tiap objek yang masuk ke di dalam mulut kita.

Selain itu lidah juga berguna sebagai penunjang proses mengunyah dan menelan. Lidah juga sering disebut lingual (bahasa Latin) atau glossal (bahasa Yunani).  Lidah merupakan jaringan otot lurik (otot rangka) yang dilapisi oleh membran mukosa.

Lidah punyai tiga fungsi utama, yaitu

Sebagai indera perasa
Sebagai organ pencernaan untuk mencerna dan menelan makanan
Sebagai organ yang berperan di dalam proses berbicara

Sebagian besar lidah tersusun oleh otot rangka, terdapat dua tipe otot pada lidah yakni otot intrinsik lidah dan otot ekstrinsik lidah. Lidah mampu bergerak ke segala arah dikarenakan ada otot – otot tersebut.

Saraf yang bertanggung jawab pada lidah adalah Nervus Hypoglossus. Otot Intrinsik lidah berperan untuk membuat perubahan ukuran lidah yakni untuk memanjangkan, memendekkan atau melebarkan lidah. Sedangkan otot ekstrinsik lidah berperan untuk sesuaikan pergerakan lidah di dalam rongga mulut.

Kelenjar Saliva (Kelenjar Ludah)
Kelenjar Saliva merupakan organ yang menghasilkan dan mengeluarkan air ludah ke di dalam mulut manusia. Cairan ini berguna untuk menjaga kondisi mulut sehingga tidak kering dan menunjang di dalam proses pencernaan makanan. Di Sekitar mulut terdapat 3 gunakan kelenjar ludah

Sepasang kelenjar parotis, terdapat di bawah daun telinga
Sepasang kelenjar sublingualis, terdapat di bawah lidah
Sepasang kelenjar submandibularis, terdapat di kira-kira tulang mandibula

Gusi
Gusi atau gingiva adalah jaringan mukosa yang menutupi tulang rahang di di dalam rongga mulut. Jaringan gusi sebenarnya mempunyai warna trasparan. Tetapi terlihat merah dari luar dikarenakan jaringan ini memiliki kandungan begitu banyak pembuluh darah di di dalam nya. Gusi terkait bersama dengan gigi dan tulang melalui susunan yang disebut serat periodotal.

Langit – langit mulut (Palatum)

Langit langit mulut atau yang juga dikenal bersama dengan palatum merupakan lipatan membran yang disusun oleh kumpulan otot dan tulang. Uvula menunjang proses menjaga makanan sehingga tidak masuk ke saluran pernapasan saat kita menelan dan juga mampu pengaruhi memproduksi suara.

Uvula
Uvula adalah jaringan lunak yang mampu dilihat seperti menggantung di atas sedang rongga mulut. “Uvula” berasal dari kata “uva” yang bermakna anggur. Uvula mempunyai otot kecil yang disebut musculus uvuae yang membantunya berkontraksi sehingga mampu isi ruangan dibagian belakang tenggorokkan

Berlangganan Untuk Menerima Update Terbaru: