Gen, DNA, dan Kromosom-Biologi Kelas XII



Apa sih gen itu?

Ilustrasi Gen (Sumber: Shutter Stock)
Gen merupakan substansi pembawa materi genetik yang diwariskan dari induk kepada keturunanya. Materi genetik tersebut meliputi Deoxyribonucleic acid (DNA) dan ribonucleic acid (RNA). DNA dan RNA ini jumlahnya ada banyak, berbagai jenis DNA bergabung untuk membentuk gen, kemudian gen-gen tersebut bergabung untuk membentuk kromosom.

Fungsi gen itu ada 2.
Fungsi yang pertama adalah membawa informasi genetik dari setiap individu ke keturunannya. Jadi informasi genetiknya itu disalurkan ke keturunan masing-masing individu.
Contohnya adalah rambut ibumu yang berwarna hitam, diwariskan anaknya.

Fungsi yang kedua adalah sebagai pengatur metabolisme untuk perkembangan setiap mahkluk hidup. 

Basa Nitogen
DNA dan RNA itu terdapat basa nitrogennya.
Basa nitrogennya RNA
Basa nitrogen DNA.

Gen itu ada pada segmen atau lokus yang terletak di kromosom. Gen itu ada yang dominan dan resesif.

Gen dominan itu disandikan dengan huruf besar, sedangkan gen resesif itu disandikan dengan huruf kecil. Kumpulan gen yang terletak pada lokus yang bersesuaian dengan fungsi yang sama itu disebut dengan alel.
 
Perbedaan DNA dan RNA.

Kromosom itu apa?
Kromosom adalah penebalan benang-benang kromatin ketika pembelahan sel terjadi. Kromosom disusun oleh asam nukleat dan protein. 

Kromosom ini ada 2 jenis, namanya autosom dan gonosom.
Autosom merupakan kromosom yang berperan dalam menentukan bentuk fisik selain kelamin, sedangkan gonosom merupakan kromosom yang berperan dalam menentukan jenis kelamin.
Kromosom (Sumber: biologywise.com)

Kromatid merupakan salah satu dari dua lengan yang merupakan hasil replikasi kromosom. Bagian yang kedua namanya Sentromer. Sentromer ini adalah pusat kromosom dan tempat melekatnya benang spindle. Bagian yang terakhir ini namanya kinetokor. Kinetokor sebenarnya adalah bagian dari sentromer. Benang spindle ini melekat pada kinetokor selama masa pembelahan.

Benang spindle itu apa?
Benang spindle ini bagian yang berfungsi untuk menghubungkan sentriol pada saat pembelahan sel dan untuk menarik kromosom menuju kutub yang berlawanan pada saat pembelahan sel. 

Ada 4 bentuk kromosom, yaitu telosentrik, metasentrik, submetasentrik, dan akrosentrik.
1.      Telosentrik hanya memiliki 1 lengan dengan sentromer yang terletak di ujung.
2.      Metasentrik memiliki 2 lengan sama panjang dengan sentromer yang terletak di tengah. Sentromernya metasentrik ini berbentuk V
3.      Submetasentrik memiliki kedua lengan yang hampir sama panjang, dengan sentromer yang terletak hampir di tengah. Bentuknya juga V.
4.      Akrosentrik memiliki 2 lengan yang tidak sama panjang, dengan sentromer yang berada dekat ujung bagian kromosomnya.
Macam-macam Kromosom (Sumber: bioninja.au)

Sumber : https://blog.ruangguru.com/biologi-kelas-12-mengenal-gen-dna-dan-kromosom

Berlangganan Untuk Menerima Update Terbaru: